Social Icons

Monday, March 18, 2013

Adab-adab makan dan minum


Bismillahirrahmanirrahim..
Wassolatu wassalamu ‘ala rasuulillah..

Siapa tak suka makan? Jarang kita dengar orang tak suka makan (mungkin tak pernah jumpa kot orang macam gitu)
Hari-hari kita makan & minum. Tapi, sayang, kalau kita hanya jadikannya sekadar adat, bukan ibadat.
Jadi, apa kata, kita tengok adab-adab makan dan minum mengikut sunnah supaya mudah-mudahan, kalau kita amalkan, makan dan minum kita jadi ibadat & Allah kurniakan pahala buat kita J

Adab-adab makan dan minum megikut sunnah:

1.Membaca basmalah

2.Menggunakan tangan kanan untuk makan dan minum

“Wahai anakku, sebutlah nama Allah, makanlah dengan tangan kananmu, dan makanlah makanan yang berada di dekatmu.” (HR Bukhari no. 5376 dan Muslim 2022)

3.Makan dari pinggir pinggan/bekas

Diriwayatkan dari Ibn Abbas radhiyallahu ‘anhu, bahwa Nabi bersabda, “Jika kalian makan, maka janganlah makan dari bagian tengah piring, akan tetapi hendaknya makan dari pinggir piring. Karena keberkahan makanan itu turun dibagian tengah makanan.” (HR Abu Dawud no. 3772, Ahmad, 2435, Ibnu Majah, 3277 dan Tirmidzi, 1805. Imam Tirmidzi mengatakan, “Hadits ini hasan shahih.”)

4.Cuci tangan dan berkumur sesudah makan

Abu Hurairah menyatakan, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah makan belikat kambing. Sesudah selesai makan beliau berkumur-kumur, mencuci dua tangannya baru melaksanakan shalat. (HR. Ahmad, 27486 dan Ibn Majah 493, hadits ini dishahihkan oleh al-Albani)

5.Tidak duduk bersandar ketika makan

Abu Juhaifah mengatakan, bahwa dia berada di dekat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, kemudian Rasulullah berkata kepada seseorang yang berada di dekat beliau, “Aku tidak makan dalam keadaan bersandar.” (HR Bukhari)

6.Menjilati jari

Dari Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Jika salah satu di antara kalian makan, maka janganlah dia bersihkan tangannya sehingga dia jilati atau dia minta orang lain untuk menjilatinya.” (HR. Bukhari no. 5456 dan Muslim no. 2031)

7.Tidak mencela makanan

Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu beliau mengatakan, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sama sekali tidak pernah mencela makanan. Jika beliau menyukai satu makanan, maka beliau memakannya. Jika beliau tidak suka, maka beliau meninggalkannya.” (HR. Bukhari no. 5409 dan Muslim no. 2064)

8.Tidak makan berdiri

Dari Qotadah dari Anas, sesungguhnya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang minum sambil berdiri. Qotadah lantas bertanya kepada Anas, “Bagaimana dengan makan sambil berdiri?” “Itu lebih jelek dan lebih kotor” kata Anas. (HR. Muslim no. 2024)

9.Tidak bernafas didalam air 

Dari Abu Qatadah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Jika kalian minum maka janganlah mengambil nafas dalam wadah air minumnya.” (HR. Bukhari no. 5630 dan Muslim no. 263)

10. Anjuran makan bersama dan berkongsi

Dari Jabir bin Abdillah radhiyallahu ‘anhu, beliau menyatakan bahwa beliau mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Makan satu orang itu cukup untuk dua orang. Makanan dua orang itu cukup untuk empat orang. Makanan empat orang itu cukup untuk delapan orang.” (HR Muslim no 2059)

dan banyak lagi adab2 lain. Ini hanya ringkasan. =) 



Wallahua’lam
Wassalam

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...